ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PECAHAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pecahan bentuk aljabar. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian siswa kelas VIII yang telah mempelajari materi pecahan bentuk aljabar. Dari hasil tes yang diberikan, siswa yang melakukan kesalahan paling banyak adalah pada submateri menyederhanakan pecahan yaitu sebanyak 23 orang, dan siswa yang melakukan kesalahan paling sedikit adalah pada materi penjumlahan pecahan yaitu 4 orang. Secara keseluruhan kesalahan siswa kelas VIII SMP dominan berbentuk kesalahan konsep dan disebabkan oleh cara belajar yang tidak kontinu, kurangnya usaha yang dilakukan dalam mengerjakan soal yang diberikan, tidak teliti dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal yang diberikan, dan kurangnya penguasaan materi prasyarat.
Kata Kunci :Analisis Kesalahan, Pecahan Bentuk Aljabar
Abstract: This research aims to determine the type of errors and factors that cause students to make mistakes in solving algebraic fractions form. The method used is descriptive method with a form of case study. The subject of research are Eighth grade students who have studied algebraic fractions forms’ material. From the results of the test were given, students who make mistakes are the most in sub material simplify fractions as many as 23 people and students who commit the fewest mistakes is the sum fractions material that is 4 people. Overall, student’s fault in eighth grade of Junior High School dominant in misconceptions form and caused by the way of learning that is not continuous, the lack of effort in doing the task, careless in completing the task, and lack of mastery of the material prerequisites.
Keywords: error analysis, algebraic fractions form
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i9.11534
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats