ANALISIS SWOT KEBERHASILAN USAHA KAMPUS LOUNDRY MAHASISWA PENERIMA PMW UNTAN PONTIANAK

Purnama Lubis, Rustiyarso ., Rum Rosyid

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai Keberhasilan Usaha Campuss Laundry Mahasiswa Penerima PMW Untan Pontianak. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Anlisis SWOT Keberhasilan Usaha Campuss Laundry Mahasiswa Penerima PMW Untan Pontianak Dapat Berhasil”. Objek dalam penelitian ini adalah usaha campuss laundry yang dijalankan oleh mahasiswa penerima PMW Untan Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kulitatif dengan metode penelitian deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik studi dokumenter, alat pengumpul data yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawncara, dan lembar catatan. Teknik Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menyatakan bahwa kekuatan (Strengh) yang mendukung keberhasilan usaha campuss laundry adalah lokasi yang berada di lingkungan mahasiswa yang banyak membutuhkan jasa laundry, ketersediaan air yang memadai untuk hasil pencucian yang maksimal, memiliki pelayanan cuci ekspress. Kelemahannya (Weakness) adalah pemilik usaha yang jarang mengawasi langsung di lokasi menyebabkan kurang disiplin karyawan, tidak ada sanksi tegas terhadapkaryawan yang tidak disiplin, pelayanan antar jemput tidak menyeluruh. Peluangnya (Opportunity) adalah lokasi campuss laundry yang berada disekitar lingkungan mahasiswa,  harga yang terjangkau untuk mahasiswa. Tantangannya (threats) adalah pakaian konsumen yang mudah luntur dan melar menjadi alasan ketidak puasan konsumen, karyawan yang kurang disiplin dalam bekerja.

Kata Kunci: Analisis SWOT, Keberhasilan Usaha, PMW Untan

Abstract: This study aims to find out information about Business Success Student Laundry Campuss Receiver PMW Untan Pontianak. The problem in this research is "How anlisis SWOT Business Success Campuss Laundry Receiver PMW Untan Pontianak Students Can Succeed." The object of this research is an attempt laundry campuss run by students receiving PMW Untan Pontianak. Forms of research used in this research is descriptive qualitative research method. Data collection techniques used in this research is direct observation techniques, direct communication techniques, techniques of documentary studies, data collection tool used was the observation guide, wawncara guide, and a record sheet. Data processing techniques used in this study using SWOT analysis. The study states that the strength (strengh) which supports the laundry campuss business success is the location being in an environment that many students require laundry services, the availability of adequate water for maximum cleaning results, has a service wash '. Weakness (Weakness) is a business owner who rarely directly on the site supervising cause lack of discipline of employees, there is no strict sanctions against employees who do not discipline, shuttle service is not exhaustive. The chances (Opportunity) is the location of laundry campuss located around the student environment, an affordable price for students. The challenge (threats) is a consumer of clothing that can be rubbed and stretched the reason for the dissatisfaction of consumers, employees who lack discipline in work.

Keywords: SWOT Analysis, Business Success, PMW Untan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i9.11416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats