MOTIF DAYAK
Abstract
Abstrak: Adanya ornamen-ornamen atau motif-motif Dayak yang terdapat di Kalimantan Barat terutama di Pontianak, diantaranya motif Pakis, Bunga Terong, Pucuk Rebung, dan Kamang, Maka dibuatlah karya tari yang bertujuan agar masyarakat umum yang menyaksikan mengetahui dan mengerti arti dari berbagai motif dayak yang ada di Kalimantan Barat sebagai bahan materi pengetahuan dalam media visual yang berbeda. Telah menjadikan inspirasi bagi penggarap untuk mengangkat judul garapan bernama Motif Dayak. Penggarap menggunakan metode diantaranya eksplorasi, improvisasi, pembentukan, evaluasi dan komposisi dalam proses pembuatan karya Motif Dayak. Dalam proses eksplorasi, penggarap berimajinasi, berfikir, merasakan dan merespon ornamen dan corak motif-motif dayak yang ada. Pada proses improvisasi penggarap mencoba dan mencari gerakan-gerakan yang pas sesuai dengan masing-masing motif yang ada. Dalam proses pembentukan penggarap menggabungkan gerakan-gerakan dari hasil eksplorasi dan improvisasi sehingga menjadi satu kesatuan dalam karya. Dalam proses evaluasi penggarap menilai dan menyeleksi ragam gerak yang ada dalam proses eksplorasi, improvisasi dan pembentukan yang dirasa sesuai dengan garapan. Dan pada proses komposisi penggarap menyusun dan menata gerak tari, pola lantai, kostum, properti, tata penggung, tata musik dan tata cahaya, yang dirasa sesuai dan selaras dengan garapan karya Motif Dayak. Dengan menentukan judul garapan beserta metode yang digunakan yaitu eksplorasi, improvisasi, pembentukan, evaluasi dan komposisi maka terciptalah sebuah karya tari yang berjudul Motif Dayak.
Kata Kunci : Motif Dayak, Gerak Tari, Metode
Abstract: Those existing Dayak motives in West Kalimantan, especially in Pontianak such as Pakis, Bunga Terong, Pucuk Rebung, and Kamang. Then let the work of dance which aims to the general public know and understand the meaning of the various motives Dayak that is in West Kalimantan as a matter knowledge in visual media different. Inspired the writer to compose a dance entitled Motif Dayak. The writer applied exploration, improvisation, formation, evaluation and composition as the methods in a dance creation process. During exploration, the writer’s works deal with those existing Dayak ornament and motives for collecting the choreographic ideas. Improvisation process required the writer to search for movements that figure out the motives. Whilst in forming, the writer combines some movements developed from previous steps into a complete dance. The next cycle served as evaluation process to value and review all those movements that fit best to the theme. Finally, in composition process the writer arranged other artistic components such as costume, property, stage, music and lightning. By determining the title of the dance including the methods applied, the writer successfully created a dance composition named Motif Dayak.
Keywords : Motif Dayak, dance, Method
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i9.11367
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats