META–ANALISIS EFEKTIVITAS REMEDIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan remediasi terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan skripsi mahasiswa pendidikan matematika FKIP Untan tahun terbitan 2006 – 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Sampel penelitian ini adalah 17 skripsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa effect size rata-rata yang dihasilkan sebesar 2,23 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan remediasi memberikan kontribusi sebesar 48,71% terhadap hasil belajar matematika siswa. Karakteristik skripsi tidak memberikan pengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap efektivitas remediasi. Remediasi pengajaran ulang merupakan kegiatan remediasi yang memiliki tingkat efektivitas paling tinggi dengan effect size rata-rata sebesar 2,54 dan memberikan kontribusi sebesar 49,45% terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci :Meta-analisis, remediasi, hasil belajar matematika
Abstract : This research aims to determine effectivity of remediation for students’ mathematics learning result based on thesis of mathematics education students of FKIP Untan that released on 2006 – 2011. The research method that used is descriptive study with survey research. The study sample is 17 thesis. The results of data analysis show that the average of effect size obtained is 2,23 with high effectivity. It shows that remediation give a contribution at 48,71% to the result of students’ mathematics learning. There is no significant effect and relationship between thesis caharacteristics and effectivity of remediation. Repeating learning is a remediation with high effectivity that yields an average of effect size at 2,54 and give 49,45% of contibution to the result of students’ mathematics learning.
Keywords :Meta-analysis, remediation, result of mathematics learning
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i9.11363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats