PENERAPAN METODE DIKUSI DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Kasim F33210008, Zahara ., Sugiyono .

Abstract


Abstrak: Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas IV MI Bawari Pontianak Kota.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya penelitian tindakan kelas. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian kinerja guru dalam melakukan pembelajaran pada siklus I sebesar 3,39 dan siklus II sebesar 3,86, aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 60,73% dan pada siklus II menjadi sebesar 84,38%, hasil belajar siswa pada sikus I sebesar 68,56 dan pada siklus II 76,48, dengan demikian terjadi peningkatan pada tiap siklus baik dari kinerja guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Hal ini bearti penerapan metode diskusi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV MIBawari Pontianak Kota.

 

Kata Kunci:   metode diskusi, aktivitas, hasil belajar

 

Abstract: Application Methods Discussion In Social Sciences Learning Activities And To Improve Learning Outcomes. This study aims to determine the performance of teachers in the teaching of social sciences, students in participating in learning activities, and student learning outcomes especially fourth grade students Bawari Pontianak City MI. The research method used is descriptive method to form a class action research study. Based on the calculation results of the research performance of teachers in the learning cycle of 3.39 and 3.86 for the second cycle, the learning activities of students in the first cycle by 60.73% and the second cycle to be at 84.38%, student learning outcomes on sikus I of 68.56 and 76.48 on the second cycle, thus an increase in each cycle of both teacher performance, student activities, and learning outcomes. This shall mean the application of the method of discussion in social science learning can improve student learning outcomes activities and class IV Bawari Pontianak City MI.

Keywords: method of discussion, activities,  learning outcomes


Full Text:

PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723