PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARANIPA DENGAN METODE DISKUSI KELAS IV SDN 26 SUNGAI AMBAWANG

Yohanes F34210521, Abdussammad ., Sugiyono .

Abstract


Abstract: Improved Student Learning Activities Learning Science In The Discussion Method Class IV SDN 26 Sungai Ambawang. This study aims to improve the teaching of Natural Sciences at SDN 26 Sungai Ambawang Kubu Raya district. The research method used is descriptive method with qualitative approach. Type of research is action research. Based on the results of the study showed an increase in student learning activities with a discussion on methods of learning science in Class IV SDN 26Sungai Ambawang is the physical activity of the prior cycle I to cycle II at 32.22%. In mental aktitas of prior cycle I to cycle II at 65.55%. On the emotional activity of the prior cycle I to cycle II at 71.18% Based on the evaluation conducted by teachers earned an average of student learning outcomes in the first cycle is 67.5 and the second cycle of 76.33.

Keywords: Learning Activities, Discussion Method, Learning Science

Abstrak:Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Metode Diskusi Kelas IV SDN 26 Sungai Ambawang.  Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 26 Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif . Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan metode diskusi pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 26 Sungai Ambawang yaitu pada aktivitas fisik dari sebelum siklus I ke siklus II sebesar 32,22% .  Pada aktitas mental dari siklus I ke siklus II sebesar 65,55%. Pada aktivitas emosional dari siklus I ke siklus II sebesar 71,18%  Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 67,5 dan pada siklus II sebesar 76,33.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Metode Diskusi, Pembelajaran IPA


Full Text:

PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723