PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS III SDN 43 SUNGAI KAKAP

Tiur Situmorang, Abdussamad ., Sugiyono .

Abstract


Abstrak:Penggunaan Pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPS di Kelas III SDN 43 Sungai Kakap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPS di kelas III Sekolah Dasar Negeri 43. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian (1)Pelaksanaan menggunakan model pembelajaran kooperatif di kelas III Sekolah Dasar Negeri 43 Sungai Kakap yaitu pada penelitian tindakan kelas siklus 1 dan siklus 2 telah terlaksana dengan baik. Pada siklus I kinerja guru tergolong baik dengan rata-rata nilai 3,08. Dan pada siklus II nilai rata-rata keterlaksanan pembelajaran meningkat menjadi 3,8. berarti dari 35 aspek pengamatan pembelajaran IPS di kelas III sudah dilaksanakan oleh guru dengan sangat baik. (2)Aktivitas belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajara kooperatif tergolong baik dengan nilai rata-rata aktivitas belajar pada siklus I sebesar 72,49 %, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 85,21%, dengan tingkat rata-rata ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 70,66%, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata ketuntasan sebesar 75,16%.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran IPS.

Abstract: Using cooperative learning in the teaching social studies in grade III SDN 43 Sungai Kakap. This study aims to investigate the implementation of learning using cooperative learning model to learning social studies in grade III SDN 43 Sungai Kakap. Methods used in this research in descriptive method to form a class action research. The research (1)the implementation of cooperative learning model in grade III SDN 43 Sungai Kakap on action research cycle 1 and cycle 2 were performing well. In cycle 1 teacher performance quite well with the average value of 3.08. in cycle 2 the average value of learning increases to 3.8, mean of 35 aspects of observational learning in 3rd grade social studies teacher has been implemented on very well. (2) the teaching learning activities of students using cooperative learning model quite well with the average value of learning activities in cycle 1 for 72.49% and increase in cycle 2 to 85.21% with the average level of mastery learning outcomes on cycle 1 for 70.66 and increase in cycle 2 with an average of 75.16%

Keyword: Cooperative Learning, Social Grade Learning

Full Text:

PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723