MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SD
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan proses siswa kelas IV SDN 13 Pontianak Barat. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif, bersifat kualitatif. Bentuk penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa. Prosedur penelitian menggunakan tahapan; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik analisis data menggunakan rumus persentase dan rata-rata skor sedagkan alat pengumpul data menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian kemampuan guru dalam meningkatkan keterampilan proses pada siklus I 2,63 sedangkan siklus II 3,50. Keterampilan mengobservasi siklus I 70,54% siklus II 82,14% . Keterampilan mengklasifikasi siklus I sebesar 72,32 siklus II 82,14%. Keterampilan melakukan eksperimen siklus I sebesar 63,40% siklus II 83,93%. Keterampilan menginferensi siklus I sebesar 67,35 pada kategori baik dan siklus II sebesar 81,26%. Hasil belajar siswa siklus I sebesar 69,29 dan siklus II sebesar 83,57. Jadi, nilai rata-rata siswa kelas IV SDN 13 Pontianak Barat mengalami peningkatan sebesar 14,28.
Kata kunci: Keterampilan Proses, Pembelajaran IPA, Metode Eksperimen.
Abstract: The purpose of this research istoimprove theskills ofthefourth grade studentsof SDN13WestPontianak. The method usedisqualitativedesenptive method. The form of this research is classroom action research that studies teacher and 28 of fourth grade studentsthe stagesof research; planning, implementation, observationand reflection. Technicalanalysis of thedata usingthe percentageformulaandthe averagescorewhiledata collection toolusingthe observation sheet. The resultsin theability of teachers toimprove the skills ofthe processin the first cycle2.63, while cycle II3.50.Observation skillcycle I70.54% 82.14% second cycle. Classifikation skillcycle ofcycle II82.14% 72.32.Experimenting skillscycle of63.40% 83.93% second cycle.Inference skillcycle of67.35inboth categoriesandthe second cycleof81.26%.Student learning outcomescycle of69.29and83.57forthe second cycle. Thus, the averagefourth grade studentsof SDN13WestPontianakincreased by14.28.
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i2.1077
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats