Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan metode Struktur Analitik Sintetik di Kelas I Sekolah Dasar Negeri 09 Delta Pawan Ketapang. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian

Yati Wartini, Syamsiati ., Hery Kresnadi

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan metode Struktur Analitik Sintetik di Kelas I Sekolah Dasar Negeri 09 Delta Pawan Ketapang. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian peserta didik dan guru SDN 09 Delta Pawan. Data dalam penelitian ini yaitu hasil observasi aktivitas peserta didik dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Hasil penelitian yaitu (1) Kemampuan guru merencanakan pembelajaran menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik meningkat sebesar 28,59%. (2) Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik meningkat sebesar 22,62%. (3) Kemampuan membaca permulaan siswa menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik meningkat, sebesar 13,2 dengan dan persentase ketuntasan siswa sebesar 45% dengan kategori tinggi.   Kata Kunci : Membaca Permulaan, Struktur Analitik Sintetik Abstract: The aim of this study was to describe the increase in the ability to read the beginning of the method Analytical Synthetic Structures in Class I Elementary School 09 Delta Pawan Ketapang. The research method used in this research is descriptive research in the form of classroom action research. Research subjects learners and teachers at SDN 09 Delta Pawan. The data in this study is the observation of the activities of students and teachers in implementing the learning ability. Results of the study are (1) The ability of teachers plan learning using Structural Analytical methods Synthetic increased by 28.59%. (2) The ability of teachers in implementing the learning method Synthetic Structural Analytical increased by 22.62%. (3) The ability to read the beginning of students using the Structural Analytical Synthetic increased, amounting to 13.2 with and completeness percentage of students by 45% with the high category.  Keywords: Beginning Reading, Analytic Structure of The Synthetic  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.