PENGARUH METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

Susilawati F33210010, Sukmawati ., Siti Djuzairoh

Abstract


Abstrak: Pengaruh metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Metode yang digunakan metode eksperimen. Bentuk penelitian True Eksperimental Design menggunakan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik pengukuran dengan alat pengumpul data tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukan rata-rata nilai posttest kelas kontrol 66,808 dan kelas eksperimen 77,27. Berdasarkan uji t-test (uji dua fihak) menggunakan rumus polled varians diperoleh (2,45) >  (2,0105) berarti signifikan. Hasil analisis effect size (ES) sebesar 0,68 dengan kriteria sedang. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA memberikan pengaruh yang baik dalam meningkatkan  hasil belajar siswa pada materi perubahan sifat benda kelas V SDN 23 Pontianak Timur.

 

Abstract: The effect of the experimental method in science learning on learning outcomes of students of class V SD. The method used experimental method. True Experimental Design forms of research using a design Pretest-Posttest Control Group Design. Data collection techniques used measurement techniques with a data collection tool achievement test. The results of the analysis of the data shows the average value of 66.808 posttest control class and experimental class 77.27. Based on t-test (two-hand test) using the formula obtained polled variance (2.45)> (2.0105) means significant. The results of the analysis of effect size (ES) of 0.68 with the criterion being. This shows that the use of experimental methods in learning science provides good leverage in improving student learning outcomes in the material properties of objects change class V SDN 23 East Pontianak.

 

Kata Kunci: Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.