PENGEMBANGAN KOMPETENSI KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMA

Sri Mulyani, Sugiatno ., Hamdani .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan kompetensi komunikasi dan pemahaman konseptual matematis siswa dalam materi fungsi komposisi melalui pembelajaran berbasis masalah (PBM). Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitis yang berorientasi pada pemecahan masalah. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) kompetensi komunikasi matematis siswa dalam materi fungsi komposisi sebelum diberikan pembelajaran berbasis masalah tergolong rendah yaitu 24,7%; (2) pemahaman konseptual matematis siswa dalam materi fungsi komposisi sebelum diberikan pembelajaran berbasis masalah tergolong rendah yaitu 58%; (3) kompetensi komunikasi matematis siswa dalam materi fungsi komposisi setelah diberikan pembelajaran berbasis masalah tergolong sedang yaitu 68,3% dengan kriteria siswa dapat: (a) menyatakan ide matematika dalam bentuk gambar; (b) menyatakan ide matematika dalam bentuk simbol; dan (c) menyatakan ide matematika dalam bentuk verbal; dan (4) pemahaman konseptual matematis siswa dalam materi fungsi komposisi setelah diberikan pembelajaran  berbasis masalah tergolong sedang yaitu 78,3%, dengan kriteria siswa dapat: (a) menunjukkan sebuah contoh dan non contoh suatu konsep fungsi; (b) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep; dan (c) menerapkan prinsip-prinsip yang dibangun dari hubungan antar konsep.

 

Kata Kunci: PBM, Kompetensi Komunikasi, Pemahaman Konseptual

Abctract:

The purpose of this study is to develop communication competence and mathematical conceptual understanding of students in the material of composition functions through problem-based learning (PBL). The method used are descriptive analytical research oriented on problem solving. The results obtained are: (1) the students’s mathematical communications competence in the material of composition function before being given a problem-based learning is still relatively low about 24,7%; (2) students' mathematical conceptual understanding in the material of composition function before being given a problem-based learning is still relatively low about 58%; (3) the students’ mathematical communication competence in the material composition functions after being given the problem-based learning relatively average about 68,3% with student criteria: (a) can express mathematical idea in the form of an image; (b) can express mathematical idea in the form of symbols; and (c) can express mathematical idea into verbal form; and (4) students' mathematical conceptual understanding in the material of composition function after being given mathematical problem-based learning is relatively average about 78,3% and students may: (a) show an example and non-example of a concept of function; (b) develop the necessary and sufficient condition of a concept; and (c) apply the principles that are built on the relationship between concepts.

Keyword: PBL, Communication Competence, Conseptual Understanding

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.