PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 3;5 TAHUN (STUDI KASUS PADA RAJA)

Candra Pramita

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini  untuk memaparkan pemerolehan bahasa anak usia 3;5 tahun  yang meliputi pemerolehan fonologi, pemerolehan sintaksis, dan pemerolehan semantik. Penelitian ini dilakukan di Surantih, Kabupaten Pesisir Selatan pada bulan Maret  2019,  menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap seorang anak yang berusia 3;5 tahun bernama Raja. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, catatan harian, dan wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Raja telah mampu menguasai keseluruhan fonem vokal, yaitu (a,i.u,e,o) dan semua dilafalkannya dengan sempurna. Raja juga sudah mampu merangkai beberapa kata ke dalam sebuah kalimat. Akan tetapi untuk pemerolehan semantik Raja masih terdapat penyimpangan antara makna kata dimana makna yang disebutkannya tidak sesuai dengan makna yang sebenarnya.


Keywords


Pemerolehan bahasa, anak

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ambridge, Ben, dkk. 2014. Perspectives: Child Language Acquisition: Why Universal Grammar Doesn’t Help. Artikel University of Liverpool.

Arsanti, Meilan. 2014. Pemerolehan Bahasa Pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Artikel Universitas Islam Sultan Agung.

Bahar Koymen, Elena Lieven And Silke Brandt. 2015. Syntactic And Semantic Coordination In Finite Complement-Clause Constructions: A Diary-Based Case Study. Artikel University of Manchester.

Candrasari, Liring Ayu. 2014. Pemerolehan Bahsa Anak Usia 3-4 Tahun Di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang: Kajian Psikolinguistik. Artikel Universitas Muhammadiyah Surakata.

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Jakov Prorokovic dan Frane Malenica. 2017. The Acquisition Of Language: Evidence In Syntax. Artikel English Department University of Zadar.

Nina Hyams dan Robyn Orfitelli. 2015. The Acquisition Of Syntax. Artikel University of Sheffield.

Nuraeni, Lenny. 2015. Pemerolehan Morfologi (Verba) Pada Anak Usia 3;4 Dan 5 Tahun (Suatu Kajian Neuro Psikolinguistik). Artikel STKIP Siliwangi Bandung.

Nurjamiaty. 2015. Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun Berdasarkan Tontonan Kesukaannya Ditinjau dari Konstruksi Semantik. Artikel PPs Universitas Negeri Medan.

Putri, Ary Kunti, dkk. 2013. Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini Di Desa Beraban, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Artikel Universitas Pendidikan Ganesha.

Syamsiyah, Nur. 2017. Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 2-3 Tahun Sebagai Alternative Untuk Mendongkrak Kecerdasan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Mendongeng (Studi Kasus Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini). Artikel UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tiel, Julia Maria Van. 2015. Anakku Terlambat Berbicara. Jakarta : Prenadamedia Group.

Witdianti, Yeni. 2018. Pemerolehan Bahasa Anak Aspek Kajian Sintaksis Pada Anak Usia 2;6-2;8 Tahun (Sebuah Studi Kasus). Artikel Universitas Muhammadiyah.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ekha.v2i2.34356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN : 2621-3788 (Online)

p-ISSN : 2656-1956 (Print)

Mailing Address

FKIP Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpbsi
email: [email protected]

Indexed by

ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesBielefeld Academic Search Engine (BASE)Dimensions

 

 

Email: [email protected]

     

  Creative Commons License

View My Stats