PENGARUH LAND APPLICATION TERHADAP KUALITAS AIR TANAH DAN AIR PERMUKAAN DI KAWASAN PT.MISP BENGKAYANG

Lufika Virgianti

Abstract


ABSTRAK

PT.MISP Bengkayang mengaplikasikan land application dengan menggunakan limbah cair hasil produksi kelapa sawit yang mengandung bahan organik sebagai pupuk cair di lahan perkebunannya sehingga mempunyai potensi mencemari air tanah dan air permukaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh land application terhadap kualitas air tanah dan air permukaan di kawasan perkebunan dan untuk mengetahui penyebaran kontaminan yang ada pada lahan aplikasi dan lahan non aplikasi PT.MISP Bengkayang.

Metode penelitian dilakukan dengan pengukuran elevasi dan muka air tanah, pengukuran debit air permukaan dan pengambilan sampel air dengan metode grab sampling yang dilakukan di musim kering pada 1 titik di kolam terakhir IPAL, 2 titik pada sungai yang diambil di hulu dan hilir dan masing-masing 5 titik pada lahan aplikasi dan lahan non aplikasi kemudian dilakukan pengujian kualitas air terhadap parameter BOD, TSS, NH3, pH dan DO.

Hasil yang didapat yaitu konsentrasi BOD, TSS, NH3 dan DO pada lahan aplikasi lebih besar dari nilai yang ada di lahan non aplikasi sebagai lahan kontrol, serta pada hulu dan hilir sungai. Namun konsentrasi TSS dan NH3 pada air permukaan dipengaruhi oleh faktor luar, sedangkan nilai pH masih berada dalam rentang normal. Dapat disimpulkan bahwa land application pada musim kering mempunyai pengaruh terhadap kualitas air tanah dan air permukaan pada kawasan tersebut. Penyebaran BOD pada lahan aplikasi dipengaruhi oleh kondisi lahan dan bentuk aliran air tanah, dan pada lahan non aplikasi dipengaruhi oleh vegetasi penutup lahan. Nilai TSS, NH3 dan DO berhubungan dengan BOD.

Kata kunci : land application, kualitas air, air tanah, penyebaran kontaminan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jtllb.v2i1.8279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MAPS :

 

Indexed by

             

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.