Hubungan Motivasi Dalam Memilih Program Studi Keperawatan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Angkatan 2014 Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak

Debby Hatmalyakin

Abstract


Latar Belakang : Prestasi akademik merupakan hasil yang dicapai oleh siswa setelah
mengikuti suatu kegiatan pembelajaran, yang hasilnya kemudian ditandai dengan skala nilai
berupa huruf atau kata atau simbol. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor-faktor yang
terdiri dari faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi
belajar yaitu motivasi. Motivasi merupakan dorongan mental yang menggerakkan dan
mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan motivasi dalam memilih program studi keperawatan
dengan prestasi belajar pada mahasiswa keperawatan angkatan 2014 di Fakultas Kedokteran
Universitas Tanjungpura Pontianak.
Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang menggunakan
desain survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan
adalah simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 88 orang.
Hasil : Penelitian ini menunjukkan mayoritas mahasiswa mempunyai motivasi tinggi dengan
prestasi belajar sangat memuaskan berjumlah 38 (43.18 %) orang. Hasil uji chi-square
didapatkan nilai p > 0.05 (p = 0.451), maka H
0
diterima..
Kesimpulan : Tidak ada hubungan motivasi dalam memilih program studi  keperawatan
dengan prestasi belajar pada mahasiswa keperawatan angkatan 2014 Fakultas Kedokteran
Universitas Tanjungpura Pontianak.   

Kata kunci  : motivasi dalam memilih program studi keperawatan, prestasi     
belajar
Daftar pustaka  : 34 (2004-2014)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.