EFEKTIVITAS MENYENDAWAKAN BAYI SETELAH MENYUSUI UNTUK MENCEGAH REFLUKS GASTROESOFAGUS PADA BAYI DI RUANG PERINATOLOGI RSUD RUBINI MEMPAWAH

Ria Lestari .

Abstract


Refluks Gastroesofagus (RGE) adalah aliran balik isi lambung ke dalam esofagus akibat relaksasi atau inkompetensi sfingter esofagus bagian bawah. Refluks Gastroesofagus (RGE) yaitu suatu keadaan yang sering dijumpai pada bayi beberapa bulan pertama kehidupan dan sembuh pada usia1 2 tahun pada paling sedikit 80 % penderita. Refluks gastroesofagus (RGE) yang berlangsung lama, baik durasi maupun frekuensi dapat menyebabkan berbagai derajat kerusakan mukosaesofagus, gangguan pencernaan bahkan apnea.

Tujuan penelitian ini adalah peneliti ingin menilai efektivitas menyendawakan bayi setelah menyusui dengan membandingkan metode over yourshoulder dan metode sitting on your lap terhadap pencegahan refluks gastroesofagus pada bayi diruang perinatologi RSUD Rubini Mempawah. Penelitian dilakukan mulai tanggal 6 Mei dan 30Mei 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan pendekatan quasy eksperiment dengan menggunakan 20 sampel yang dibagi menjadi dua kelompok.

Analisa data yang digunakan adalah analisa data binomial. Dari hasil analisa data binomial didapatkan hasil bahwa responden yang menggunakan metode over your shoulder tidak ada yang mengalami refluks gastroesofagus sedangkan pada responden yang menggunakan metode sitting on yourlap terdapat 2 responden atau 20 % dari total responden yang diteliti dengan metode tersebut yang mengalami refluks gastroesofagus. Jadi metode yang lebih efektif dalam mencegah refluksgastroesofagus adalah metode over your shoulder.

Kata Kunci: Refluks gastroesofagus,menyendawakan bayi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.