ANALISIS PERSEPSI PEMBIMBING KLINIK TERHADAP PENERAPAN PRAKTIK KLINIK PROFESI KEPERAWATAN MAHASISWA PSIK UNTAN
Abstract
LatarBelakang: Pendidikan tinggi keperawatan terdiri atas pendidikan vokasi,
pendidikan akademik dan pendidikan profesi. Pendidikan Ners harus melewati dua tahap
pendidikan yaitu tahap pendidikan akademik dan pendidikan profesi. Pendidikan Profesi
merupakan tahap pendidikan yang sepenuhnya dilaksanakan di lapangan atau lahan
praktik yang memiliki standar praktik klinik yang terdiri dari wahana praktik klinik yang
memiliki kasus untuk pencapaian kompetensi, pembimbing klinik yang bersertifikat
preseptor, tersedianya pedoman praktik. Namun, dalam pelaksanaan praktik klnik profesi
mahasiswa PSIK UNTAN belum terpenuhi. Maka penting untuk diteliti bagaimana
persepsi pembimbing klinik terhadap penerapan praktik klinik profesi keperawatan
mahasiswa PSIK UNTAN.
Tujuan: Penelitian ini untuk menganalisis persepsi pembimbing klinik di lahan praktik
klinik mahasiswa keperawatan Universitas Tanjungpura terhadap penerapan praktik
klinik profesi keperawtan
Metodologi: Penelitian ini dengan desain kualitatif deskriptif pendekatan fenomenologi,
diambil dengan purposive sampling pada enam informan pembimbing klinik yang
dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview). Hasil wawancara dianalisis
menggunakan metode Miles dan Huberman.
Hasil: Ditemukan analisis 3 tema yaitu: standar kompetensi mahasiswa yang terdiri dari
kognitif, afektif dan psikomotor. Standar pembimbing klinik yang terdiri dari standar
pelaksanaan praktik klinik, capaian kompetensi dan metode pembelajaran praktik klinik.
Standar praktik klinik yang terdiri dari faktor pendukung praktik klinik dan faktor
penghambat praktik klinik.
Kesimpulan: Penerapan praktik klinik profesi keperawatan harus memenuhi standar
pendidikan Ners. Sehingga dalam pelaksanaannya praktik klinik dapat menigkatkan mutu
lulusan dan mengembangkan Pendidikan Ners.
Kata Kunci: Persepsi, Pembimbing Klinik, Praktik Klinik
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.27295
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors