PENGARUH BERMAIN ORIGAMI TERHADAP TINGKAT KOOPERATIF ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG RAWAT INAP ANAK RSUD M.TH.DJAMAN SANGGAU
Abstract
Latar Belakang : Pada anak yang dihospitalisasi masih banyak yang menunjukkan sikap
yang tidak kooperatif dalam menerima perawatan. Hospitalisasi merupakan krisis bagi anak,
terutama karena adanya stres, ketakutan dan kecemasan sehingga bila tidak ditangani segera
maka anak akan melakukan penolakan terhadap perawatan dan pengobatan yang diberikan.
Intervensi yang dapat diberikan pada anak yang kurang kooperatif untuk dilakukan tindakan
keperawatan yaitu dengan memberikan permainan terapeutik, seperti bermain origami.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh bermain origami terhadap tingkat kooperatif anakusia
prasekolah di ruang rawat inap anak RSUD M.Th.Djaman Sanggau.
Metode :Kuantitatifdengan menggunakan desain penelitian pre-eksperimental rancangan one
group pretest postest, tanpa ada kelompok pembanding (control).Sampel menggunakan
rumus analitis kategorik berpasangandengan jumlah sampel sebanyak 25 responden. Uji
statistik yang digunakan adalah wilcoxon dengan nilai p < 0,05.
Hasil :Hasil analisa bivariat dengan menggunakan uji Wilcoxon didapatkan nilai p value
0,005 (P<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada perubahan yang signifikan pada tingkat
kooperatif anak usia praskolah sebelum dan setelah diberikan bermain origami.
Kesimpulan :Ada pengaruh antara bermain origami terhadap tingkat kooperatif anak usia
prasekolah di Ruang Rawat Inap Anak RSUD M. Th. Djaman Sanggau.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.27156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors