HUBUNGAN CARA MENGGOSOK GIGI TERHADAP KEJADIAN KARIES GIGI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGRI 06 KECAMATAN PONTIANAK UTARA

Rizky Ananda Putri .

Abstract


Latar Belakang: Di Indonesia penyakit gigi dan mulut terutama karies, masih banyak diderita oleh anak-anak. Penyakit karies gigi menempati peringkat ke 6 dari penyakit yang sering diderita. Hal ini ditunjukan oleh data bahwa, 91,1% penduduk Indonesia sudan menyikat gigi namun hanya 7,3% yang berprilaku benar dalam menyikat gigi. Cara menggosok gigi yang tidak benar dapat mengakibatkan terjadinya karies gigi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan cara menggosok gigi terhadap kejadian karies gigi pada anak usia sekolah.

Metode: Desain yang digunakan adalah desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total Sampling. Jumlah responden 48 orang. Uji statistik yang digunakan uji chi square.

Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan ada hubungan cara menggosok gigi terhadap kejadian karies gigi pada anak usia sekolah (p<0,05).

Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini, terdapat hubungan cara menggosok gigi dengan kejadian karies gigi di SD Negeri 06 kecamatan Pontianak Utara. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam upaya pencegahan terjadianya karies gigi.

 

Kata Kunci: Karies Gigi ,menggosok gigi, anak usia sekolah.

Referensi : 49 (2006-2015)

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.