PENGARUH TERAPI PUASA TERHADAP TEKANAN DARAH PADA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS GANG SEHAT KOTA PONTIANAK

Fadiyah .

Abstract


Latar Belakang : Hipertensi merupakan penyakit kardiovaskular yang paling sering dialami masyarakat. Pengelolaan hipertensi dapat bersifat farmakologi dan nonfarmakologi. Salah satu intervensi nonfarmakologi untuk hipertensi adalah terapi puasa. Berkurangnya asupan cairan dan makanan pada saat puasa dapat menurunkan volume cairan di dalam pembuluh darah yang dapat menurunkan tekanan darah.

Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh terapi puasa terhadap tekanan darah pada hipertensi di wilayah kerja uptd puskesmas gang sehat kota ponianak.

Metode Penelitian : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan quasi eksperimen design dengan rancangan non equivalent control group, subjek 32 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan   spignomanometer air raksa dan stetoskop. Terapi puasa diberikan ±13 jam selama 1 hari. Data analisis menggunakan uji wilcoxon.

Hasil : Pada uji wilcoxon tekanan darah sistolik kelompok intervensi menunjukkan p value 0,001 dan kelompok kontrol atau p value 0,480. Tekanan darah diastolik kelompok intervensi menunjukkan p value 0,003  dan pada kelompok kontrol p value 0,222.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.