HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN SELF EFFICACY PADA PASIEN DENGAN PENYAKIT STROKE DI RUANG RAWAT JALAN POLI SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SULTAN SYARIF MOHAMAD ALKADRIE KOTA PONTIANAK

Syarifah Arsyta .

Abstract


Latar Belakang : Stroke merupakan penyebab umum kematian urutan ketiga di negara maju dan paling banyak menyebabkan cacat pada kelompok usia diatas 45 tahun setelah penyakit kardiovaskular dan kanker. Banyak penderitanya yang menjadi cacat, menjadi invalid, tidak mampu lagi mencari nafkah seperti sediakala, bergantung pada orang lain, dan tidak jarang menjadi beban bagi keluarganya. Stroke bukan hanya dapat menyebabkan kematian tetapi juga menurunkan self efficacy terhadap penderitanya. Dukungan keluarga bagi pasien stroke sangat diperlukan selama pasien masih mampu memahami makna dukungan tersebut sebagai penyokong kehidupannya.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan self efficacy pada pasien dengan penyakit stroke di Ruang Rawat Jalan Poli Saraf Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie kota Pontianak.

Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi sebanyak 70 orang dan jumlah sampel sebanyak 41 orang pasien stroke di Ruang Rawat Rawat Jalan Poli Saraf Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak yang menjalani rawat jalan di ruang poli saraf. Pemilihan sampel dipilih dengan cara non probability sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Analisa statistik yang digunakan untuk menguji hipotesa adalah uji spearman.

Hasil : Responden dengan dukungan keluarga yang baik sebanyak 21 orang dengan presentase 51.2% dan self efficacy yang baik sebanyak 23 orang dengan presentase 56.1%. Hasil uji statistik spearman didapatkan nilai signifikan p = 0.000 (p< 0.05).

Kesimpulan :Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan self efficacy pada pasien dengan penyakit stroke (p=0.000)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.