Pengaruh Pemberian Aroma Terapi Jeruk Pontianak (Citrus Nobilis Lour) Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah III Pontanak

Anggi Claudya Fitrah .

Abstract


Konsentrasi belajar adalah kemampuan keadaan pikiran yang diaktifkan oleh sensasi di dalam tubuh untuk memusatkan pikiran. Untuk mengaktifkan sensasi di dalam tubuh perlu keadaan yang rileks dan suasana yang tenang, karena dalam keadaan tegang seseorang tidak akan dapat menggunakan otaknya dengan maksimal. Salah satu tindakan non farmakologi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar adalah dengan menghirup aromaterapi jeruk pontianak (citrus nobilis lour). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aromaterapi jeruk pontianak (citrus nobilis lour) terhadap konsentrasi belajar pada siswa SMP Muhammadiyah III Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment pretest-posttest with control group design pada 24 orang siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan dibagi menjadi 12 orang siswa kelompok intervensi dan 12 orang siswa kelompok kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Army Alpha Test dengan analisis data menggunakan Paired T Test. Uji hipotesis menggunakan Paired T Test menunjukkan p-value = 0,002 (p<0,05).  Uji beda kedua kelompok menggunakan Independent T Test menunjukkan p-value = 0,008 (p<0,05). Dapat disimpulkan ada pengaruh pemberian aromaterapi jeruk pontianak (citrus nobilis lour) terhadap konsentrasi belajar pada siswa SMP Muhammadiyah III Pontianak berupa peningkatan konsentrasi belajar dan ada perbedaan tingkat konsentrasi pada kelompok intervensi dengan kelompok kontrol, dimana tingkat konsentrasi kelompok intervensi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol, sehingga aromaterapi jeruk pontianak dapat digunakan perawat sebagai terapi nonfarmakologi untuk meningkatkan konsentrasi dalam asuhan keperawatan sistem neuro-behavioral.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.