PENGARUH TERAPI MUROTAL TERHADAP KUALITAS TIDUR PENDERITA INSOMNIA PADA LANJUT USIA (LANSIA) DI KECAMATAN PONTIANAK TENGGARA

Faisal Mahlufi .

Abstract


Latar belakang : Insomnia merupakan masalah yang sering terjadi pada lansia. Keluhan insomnia mencakup ketidakmampuan untuk tertidur, sering terbangun, ketidakmampuan untuk kembali tidur, dan terbangun pada dini hari. Terapi murottal Al-Qur’an akan mengurangi ketegangan saraf, memberikan efek penyembuhan jasmani dan rohani, meningkatkan kekuatan iman, dan ketentraman hati.  

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Terapi Murottal Terhadap Kualitas Tidur Penderita Insomnia Pada Lanjut Usia (Lansia) di Kecamatan Pontianak Tenggara Raya Tahun 2016.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment dengan menggunakan desain penelitianpre and post test without control. Sampel dalam penelitian ini adalah lansia yang menderita insomnia di Kecamatan Pontianak Tenggara yang berjumlah 17 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling atau non random dengan jenis purposive sampling. Teknik pengambilan datanya dengan cara observasi dan menggunakan instrument Insomnia Severity Index (ISI). Analisa datanya dengan menggunakan uji t-dependent (paired sample t test).

Hasil : Analisis bivariat menggunakan uji paired sample t test menunjukkan nilai significancy p=0,00 ≤ 0,05. Perubahan nilai mean insomnia dari 13,94 ke 9,53. Kesimpulan : Ada pengaruh terapi murottal terhadap kualitas tidur lansia sesudah diberikan intervensi. Terapi murottal dapat meningkatkan kualitas tidur pada lansia. Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan terapi murottal pada bidang keperawatan secara umum dan pada lansia yang mengalami gangguan tidur (insomnia) secara khusus.

 

Kata Kunci : Terapi Murotal, Insomnia, Lansia

Referensi : 56 (2006-2016)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.