PENGARUH TERAPI MUROTTAL SURAH AR-RAHMAN TERHADAP SKOR PENGKAJIAN LUKA (MUNGS) DAN PENGKAJIAN STRES (DASS) PADA PASIEN DIABETES MELLITUS DI KLINIK KITAMURA PONTIANAK

Muchlis Alatas .

Abstract


Latar Belakang : Stres memiliki dampak negatif pada penyembuhan luka karena stres mempengaruhi imunitas seluler. Imunitas seluler memiliki peranan penting dalam regulasi penyembuhan luka melalui produksi dan regulasi sitokin pro-inflamasi dan antiinflamasi. Terapi murottal dipercaya dapat menurunkan tingkat stres yang dapat menurunkan skor luka.

Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh terapi murottal surah Ar-Rahman terhadap skor pengkajian luka dengan MUNGS dan pengkajian stress dengan DASS pada pasien diabetes mellitus.

Metode : Penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan pre eksperiment pre test and post test without control pada 16 resonden yang mengalami stres dan luka kaki diabetik.

Instrumen murottal yang digunakan dalam penelitian ini yaitu surah Ar-Rahman. Pengkajian skor stres menggunakan DASS dengan menggunakan uji wilxocon.

Pengkajian skor luka menggunakan MUNGS dengan menggunakan uji t berpasangan. Dengan nilai p < 0,05.

Hasil : Rata-rata median skor stres dengan DASS pretest 11,50  posttest 8,00 ditunjukan oleh uji wilcoxon yang memberikan nilai signifikan p = 0,000. Mean dari skor pengkajian luka MUNGS 7,75 pada tindakan ke-1 dengan standar deviasi 2,90 nilai mean dari skor pengkajian luka 7,43 pada tindakan ke-4 dengan standar deviasi 3,28 yang di tunjukan oleh uji t berpasangan yang memberikan nilai p = 0, 683.

Kesimpulan : Adanya pengaruh terapi murottal surah Ar-Rahman terhadap skor stres dan tidak ada pengaruh terapi murottal surah Ar-Rahman terhadap skor luka.

 

Kata Kunci : Stres, Diabetes Mellitus, Murottal

Referensi : ( 2007-2017)

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.