PENGARUH PEMBERIAN RENDAM KAKI AIR HANGAT TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RASAU JAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Yahya Prananda .

Abstract


Latar Belakang: Insiden hipertensi dapat cendrung meningkat. Hipertensi dapat mengakibatkan pada gejala yang berlanjut untuk suatu target organ, seperti stroke untuk otak, penyakit jantung koroner untuk pembuluh darah jantung dan otot jantung. Rendam kaki air hangat merupakan salah satu terapi komplementer yang bisa menurunkan tekanan darah.

Tujuan: Untuk mengidentifikasi pengaruh rendam kaki air hangat terhadap penurunan tekanan darah pada lansia.

Metode: Penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan pre eksperimen  pre and post test without control group. Jumlah sampel 28 responden menggunakan teknik total sampling. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil: Hasil uji statistik dengan uji Wilcoxon tekanan darah sistolik dan diastolik, diperoleh hasil p  sistolik yaitu 0,003 (<0,05) dan hasil p diastolik 0,004 (<0,05) yang artinya H0 ditolak.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh terapi rendam kaki air hangat terhadap penururnan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Terapi rendam kaki air hangat ini dapat digunakan dalam mengatasi tekanan darah tinggi sebagai bentuk terapi komplementer yang mudah dan murah dilakukan secara mandiri.

 

 

Kata Kunci      : Hipertensi, Lansia, Terapi Rendam Kaki Air Hangat

Referensi         : 65 (2005-2016)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.