Pengaruh Pemberian Jus Wortel (Daucus carota L.) Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja UPK Puskesmas Pal Tiga Kecamatan Pontianak Kota

Irena Tela .

Abstract


Latar Belakang: Hipertensi adalah salah satu penyebab utama mortalitas dan morbiditas di Indonesia, sehingga tatalaksana penyakit ini merupakan intervensi yang sangat umum dilakukan diberbagai tingkat fasilitas kesehatan. Salah satu penatalaksanaan nonfarmologis hipertensi yaitu terapi diit dengan mengkonsumsi jus wortel. Wortel mengandung kalium yang bersifat sebagai diuretik yang kuat dan sebagai vasodilatasi pada pembuluh darah sehingga membantu menjaga keseimbangan tekanan darah.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jus wortel terhadap perubahan tekanan darah pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja UPK Puskesmas Pal Tiga Kecamatan Pontianak Kota.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan non  equivalent control group. Penelitian dilakukan di Wilayah Kerja UPK Puskesmas Pal Tiga pada Mei 2017. Sampel ditetapkan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan purpossive sampling. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon pada tiap kelompok dan uji t tidak berpasangan untuk sistolik dan uji Mann Whitney untuk diastolik antara dua kelompok.

Hasil: Hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p sistolik dan diastolik kelompok kontrol 0,009 (p<0,05) dan 0,601 (p>0,05). Sedangkan nilai p sistolik dan diastolik kelompok intervensi 0,000 (p<0,05) dan 0,000 (p<0,05), yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji t tidak berpasangan didapatkan nilai p sistolik 0,003 (<0,05) dan uji Mann Whitney didapatkan nilai p diastolik 0,000 (p<0,05).

Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian jus wortel terhadap perubahan tekanan darah pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja UPK Puskesmas Pal Tiga Kecamatan Pontianak Kota dan terdapat perbedaan tekanan darah sistolik dan diastolik antara kedua kelompok.

 

Kata Kunci    : Hipertensi, Tekanan Darah, Jus Wortel

Referensi         : 46 (2005-2016)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.