PENGARUH TERAPI OKUPASI AKTIVITAS MENGGAMBAR TERHADAP TINGKAT DEPRESI PADA LANSIA DI UPT PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA MULIA DHARMA KABUPATEN KUBU RAYA

Juma'adil .

Abstract


Latar Belakang : Depresi adalah gangguan kejiwaan yang paling umum pada lansia yang dapat bermanifestasi sebagai depresi berat atau depresi ringan ditandai dengan kumpulan gejala depresi.13 Depresi merupakan penyebab penderitaan emosional tersering dan mengakibatkan penurunan kualitas hidup pada lansia. Salah satu cara untuk mengoptimalkan fungsi kognitif lansia adalah dengan menggunakan terapi okupasi. Dari hasil observasi bahwa sebagian lansia mengatakan kehidupan mereka tidak ada gunanya lagi dan sudah tidak ada harapan hidup lagi, dan ada sebagian lansia banyak yang menyendiri tidak mau bergaul dengan lansia lainnya. Mereka mengatakan sudah tidak betah tinggal di Panti Werdha.

Tujuan :  Mengetahui pengaruh terapi okupasi aktivitas menggambar terhadap tingkat depresi pada lansia di UPT Panti Sosial Tresna Werdha Mulia Dharma.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian desain penelitian eksperimen semu quasiexperiment dengan pre test and post test nonequivalent control group. Dengan menggunakan tehnik nonprobability sampling dengan purposive sampling dimana dilakukan pemberian intervensi berupa terapi okupasi aktivitas menggambar kepada sebagian sampel. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 32 orang. 

Hasil : Setelah dianalisis dengan uji t berpasangan terdapat pengaruh terapi okupasi aktivitas menggambar terhadap tingkat depresi pada lansia di UPT Panti Sosial Tresna Werdha Mulia Dharma. Hasil uji statistik t berpasangan yang didapat hasil p value = 0.000 (p< 0,05) menunjukkan terjadi pengaruh tingkat depresi pada responden setelah dilakukan terapi okupasi aktivitas menggambar.

Kesimpulan : Terapi okupasi aktivitas menggambar berpengaruh terhadap tingkat depresi pada lansia dan dapat digunakan sebagai tindakan preventif dan promotive untuk depresi pada lansia.

 

Kata Kunci : Depresi, Lansia, Terapi Okupasi Aktivitas Menggambar 

Referensi : ( 2005-2015)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.