PENGARUH TERAPI WUDHU SEBELUM TIDUR TERHADAP SKOR KECEMASAN PADA LANJUT USIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA MULIA DHARMA KABUPATEN KUBU RAYA

Muhammad Maulidiansyah .

Abstract


Latar Belakang : Orang yang telah memasuki usia lanjut mengalami perubahan pada psikologis. Pada umumnya masalah psikologis yang paling banyak terjadi pada lansia adalah kecemasan.

Kecemasan adalah perasaan takut pada situasi tertentu dan perasaan khawatir yang tidak jelas. Kecemasan dapat dikurangi dengan terapi farmakologi dan non-farmakologi, terapi nonfarmakologi salah satunya terapi wudhu. Terapi wudhu sebelum tidur dipercaya dapat menurunkan kecemasan yang terjadi pada lansia.

Tujuan : Mengetahui pengaruh terapi wudhu sebelum tidur terhadap skor kecemasan pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Mulia Dharma Kabupaten Kubu Raya.

Metode : Penelitian kuantitatif dengan desain quasy eksperiment, menggunakan metode pendekatan pre-test and post-test without control group. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 16 responden lansia yang mengalami kecemasan. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner HARS dan prosedur terapi wudhu. Setiap responden diberi terapi wudhu selama 7 hari sebelum tidur. Analisa data menggunakan Uji Wilcoxon. 

Hasil : Sebagian besar responden adalah laki-laki dengan persentase 62,5%. Jumlah keseluruhan responden yang termasuk kategaori elderly yaitu 75,0%, dan lama lansia tinggal di panti kurang dari 5 tahun adalah 81,3%. Analisis bivariat kecemasan sebelum dan sesudah intervensi didapatkan nilai p = 0,000 (< 0.05).

Kesimpulan : Ada pengaruh terapi wudhu sebelum tidur terhadap penurunan skor kecemasan pada lanjut usia di Panti Sosial Tresna Werdha Mulia Dharma Kabupaten Kubu Raya.

 

Kata Kunci          : Kecemasan, Lansia, Terapi Wudhu

Referensi              : 2006-2016

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.