ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPATUHAN PERAWAT TERHADAP PENGGUNAAN SARUNG TANGAN DI UGD RUMAH SAKIT UNIVERSITAS TANJUNGPURA KOTA PONTIANAK

Noveriansyah Akbar .

Abstract


Latar Belakang: Satu diantara standar keselamatan pasien dan Pencegahan Pengendalian Infeksi (PPI) adalah penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) diantaranya adalah penggunaan sarung tangan. Penggunaan APD ini tidak keseluruhan langsung bersentuhan dengan pasien secara rutin. Tingkat Kepatuhan ini sangatlah mempengaruhi keselamatan dan pengendalian infeksi di rumah sakit, hal ini penting di analisis bagaimana faktor-faktor mempengaruhi tingkat kepatuhan perawat terhadap penggunaan sarung tangan di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Kota Pontianak.

Tujuan: Penelitian yang bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan perawat terhadap penggunaan sarung tangan di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Kota Pontianak sebagai pencegahan pengendalian infeksi. Metode: Penelitian jenis kuantitatif dengan desain penelitian analitic observasional menggunakan pendekatan cross sectional. Pada 15 responden perawat di ruangan UGD Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Kota Pontianak. Yang diambil sampel secara total sampling, instrumen kuesioner pengetahuan dan sikap serta dilakukan observasi terhadap tingkat kepatuhan.

Hasil: Analisis Fisher pada semua variabel tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat kepatuhan perawat saat menggunakan sarung tangan yang dibuktikan hasil analisa p > 0,05 tidak memiliki hubungan antara masa bekerja (p=1,000), pendidikan (p=0,200), pengetahuan (p=1,000) dan sikap (p=1,000).

Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor seperti masa bekerja, pendidikan, pengetahuan dan sikap tidak memiliki hubungan dengan tingkat kepatuhan perawat terhadap penggunaan sarung tangan.

 

Kata Kunci      :tingkat kepatuhan, penggunaan sarung tangan

Referensi         : 45 (2006-2015)

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.