HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE GENETALIA DENGAN KEJADIAN KEPUTIHAN PADA REMAJA AKHIR DI INDEKOST TEHEL BIRU PONTIANAK TAHUN 2016

Yerlin Ramanda Putri .

Abstract


Latar belakang : Salah satu masalah kesehatan reproduksi wanita yang sering ditemukan adalah keputihan.

Data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 2012, menyatakan bahwa di Indonesia sebanyak 75% wanita pernah mengalami keputihan minimal satu kali dalam hidupnya dan 45% diantaranya biasanya mengalami keputihan dua kali atau lebih. Kurangnya pengetahuan tentang personal hygiene genetalia dapat menjadi satu diantara faktor penyebab terjadinya keputihan.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara Pengetahuan Personal Hygiene Genetalia dengan kejadian keputihan pada remaja akhir yang tinggal di Indekost Tehel Biru Pontianak Tahun 2016.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh diolah secara statistik menggunakan uji Fisher.

Hasil : Hasil analisa dari 40 responden penelitian menunjukkan bahwa umur  responden terbanyak adalah 17 tahun dengan persentase 27,5%, 21 responden dengan persentase 52,5% memiliki pengetahuan baik tentang personal hygiene, dan 17 responden dengan persentase 42,5% mengalami keputihan.

Kesimpulan : Ada hubungan antara pengetahuan personal hygiene dengan kejadian keputihan pada remaja puteri di Indekost Tehel Biru Kota Pontianak Kalimantan Barat dengan p value 0,000.  

 

Kata kunci                 : Pengetahuan personal hygiene genetalia, kejadian keputihan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.