HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PERAWAT INSTALASI RAWAT INAP RSUD SULTAN SYARIF MOHAMAD ALKADRIE KOTA PONTIANAK

Astin Biyansi .

Abstract


Latar belakang : Organizational citizenship behavior (OCB) merupakan perilaku kerja perawat yang tidak tertulis dalam deskripsi kerja namun memiliki dampak positif seperti memfasilitasi pencapaian kinerja yang diharapkan rumah sakit, meningkatkan kualitas kerja, efisiensi pelayanan dan kepuasan pasien. Dari beberapa penelitian sebelumnya, diketahui bahwa OCB berhubungan dengan kepuasan kerja.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kepuasan kerja dengan OCB perawat instalasi rawat inap RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional. 37 perawat terpilih melalui teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data antara lain kuesioner demografi, Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ) Short-Form dan kuesioner OCB.

Hasil : Hasil uji Chi-Square dengan p value = 0,031 (p < 0,05) menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kepuasan kerja dengan OCB di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak.

Kesimpulan : Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa pihak rumah sakit dapat meningkatkan OCB perawat dengan meningkatkan kepuasan kerja perawat.

 

Kata Kunci : Kepuasan kerja, organizational citizenship behavior, OCB, perawat


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.21332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter