PENGARUH REBUSAN DAUN INSULIN (Smallanthus Sonchifolius) TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA TIKUS DIABETES MELITUS

Dayang Desy Nindy Putri .

Abstract


Latar belakang : Diabetes melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya. Salah satu terapi komplementer dengan terapi herbal yang dapat digunakan untuk diabetes melitus adalah rebusan daun insulin. Daun insulin mengandung flavonoid, smallanthaditerpenic acid A, B, C, D, phenol, chlorogenic, caffeic, dan ferulic yang berperan dalam penurunan kadar glukosa darah.

Tujuan :  Untuk mengetahui pengaruh rebusan daun insulin terhadap penurunan kadar glukosa darah pada tikus diabetes melitus.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan true eksperimen design dengan rancangan pretest and posttest with control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 12 ekor Rattus norvegicus, 6 kelompok perlakuan, dan 6 kelompok kontrol. Instrument penelitian menggunakan glukometer. Rebusan daun insulin 270 mg/kgBB diberikan sekali sehari selama tujuh hari. Data di analisis dengan menggunakan uji t berpasangan dan uji t tidak berpasangan dengan nilai p <0,05.

Hasil : Rata-rata kadar glukosa darah pretest pada kelompok perlakuan 234,17 mg/dl dengan standar deviasi 21,104 dan posttest 154,83 mg/dl dengan standar deviasi 38,155. Rata-rata kadar glukosa darah pretest pada kelompok kontrol 238,33 mg/dl dengan standar deviasi 27,486 dan posttest 277,50 mg/dl dengan standar deviasi 47,230. Pada uji t berpasangan kelompok perlakuan menunjukkan nilai p 0,001 dan kelompok kontrol nilai p 0,012. Uji t tidak berpasangan didapatkan nilai p 0,001

Kesimpulan : Ada pengaruh rebusan daun insulin terhadap penurunan kadar glukosa darah antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol, sehingga rebusan daun insulin dapat direkomendasikan sebagai terapi nonfarmakologi keperawatan untuk menurunkan kadar glukosa darah.

 

Kata kunci       : Daun Insulin, Kadar Glukosa Darah, Diabetes Melitus


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.