PENGARUH TERAPI MUROTTAL TERHADAP PENURUNAN TINGKAT GULA DARAH PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIANTAN HULU KECAMATAN PONTIANAK UTARA

Tri Darsih .

Abstract


Latar Belakang : Diabetes adalah penyakit yang dtandai dengan peningkatan kadar glukosa darah yang dapat menyebabkan komplikasi. Salah satu terapi komplementer yang dapat digunakan untuk merelaksasi tubuh adalah Terapi Murottal.

Tujuan : mengetahui terapi murottal terhadap penurunan tingkat gula darah puasa pada pasien diabetes melitus tipe 2 di wilayah kerja Puskesmas Siantan Hulu. Metode : Desain penelitian dengan metode quasi eksperiment Pre and Post Test dengan nonequivalent control group design.  Terapi murottal dilakukan selama 1 minggu. Jumlah sampel 34 responden yang terdiri dari 17 responden pada kelompok intervensi dan 17 responden pada kelompok kontrol dengan teknik consecutive sampling. Uji wilcoxon dan uji t tidak berpasangan digunakan dalam menganalis data penelitian.

Hasil : uji statistik dengan uji wilcoxon pada kelompok intervensi pretest dan posttest didapatkan nilai p 0,234 dan kelompok kontrol 0,687. Hasil uji t tidak berpasangan pada kelompok intervensi dan kontrol pretest adalah 0,888 dan posttest adalah 0,134.

Kesimpulan : Tidak ada pengaruh terapi murottal terhadap tingkat gula darah puasa pretest dan posttest pada kelompok intervensi dan kontrol, serta tidak ada pengaruh terapi murottal pada kelompok intervensi terhadap penurunan tingkat gula darah puasa yang dibandingkan dengan kelompok kontrol.

 

Kata Kunci : Terapi Murottal, Diabetes Melitus Tipe 2, Gula Darah Puasa

1Mahasiswa Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura

2Dosen Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.