HUBUNGAN POLA ASUH IBU DENGAN PERILAKU SULIT MAKAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AL-IKHWAH PONTIANAK

Ainun Najib Febrya Rahman .

Abstract


Latar Belakang : Anak prasekolah adalah anak yang berusia 3 sampai 5 tahun. Pertumbuhan dan perkembangan anak usia prasekolah dipengaruhi oleh nutrisi, aktivitas, masalah tidur, kesehatan gigi, pencegahan cedera, serta cara orang tua dalam merawat anak. Sifat perkembangan yang khas terbentuk ini mempengaruhi pola makan anak, seperti anak menjadi terlalu pemilih Kesulitan makan yang berat dan berlangsung lama berdampak negatif pada keadaan kesehatan anak, keadaan tumbuh kembang dan aktifitas sehari-harinya. Pola asuh ibu sangat penting dalam tumbuh kembang anak dalam psikologis anak, kemampuan bersosialisasi anak, kemandirian anak, serta perilaku sulit makan pada anak.

Tujuan : Mengetahui hubungan pola asuh ibu dengan perilaku sulit makan pada anak usia prasekolah di TK AlIkhwah Pontianak.

Metode : Metode yang digunakan yaitu kuantiatif dengan desain observasional analitik  dan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan yaitu stratified random sampling dengan jumlah sampel 121 orang. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis hubungan pola asuh ibu dengan perilaku makan anak usia prasekolah di TK Al-Ikhwah Pontianak didapat nilai p=0,000 (p<0,05), yang berarti terdapat hubungan antara pola asuh ibu dengan perilaku sulit makan anak usia prasekolah di TK Al-Ikhwah Pontianak.

Kesimpulan :. Ada hubungan antara pola asuh ibu dengan perilaku sulit makan anak usia prasekolah di TK AlIkhwah Pontianak. Sehingga diharapkan orang tua dapat menerapkan pola asuh yang tepat pada anak usia prasekolah untuk mengembangkan seluruh kemampuannya.  

 

Kata Kunci                              : Pola Asuh Ibu, Perilaku Sulit Makan Anak Usia PraSekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.