HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT PERSONAL HYGIENE SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PEMODIS KECAMATAN BEDUAI KABUPATEN SANGGAU

Septiana Marisa Estella .

Abstract


Latar belakang : Personal hygiene merupakan suatu tindakan dalam memelihara kebersihan pribadi baik itu kebersihan secara fisik maupun psikis. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi tingkat personal hygiene anak usia sekolah adalah pola asuh orang tua. Orang tua memiliki peranan dalam mendidik serta memberikan pola pengasuhan yang tepat bagi anak.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat personal hygiene siswa Sekolah Dasar Negeri 06 Pemodis Kecamatan Beduai Kabupaten Sanggau.  Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 80 orang tua dan anak. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juni 2016 hingga bulan Juli 2016 dengan menggunakan kuisioner. Uji statistik menggunakan uji Chi Square.

Hasil : Hasil penelitian menyatakan bahwa orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter sebanyak 26 orang (32,5%), pola asuh demokratis sebanyak 44 orang (55,0%), dan pola asuh permisif sebanyak 10 orang (12,5%). Sedangkan pada tingkat personal hygiene, siswa memiliki personal hygiene baik berjumlah 44 orang (55,0%) dan personal hygiene tidak baik berjumlah 36 orang (45,0%). Analisis bivariat dengan uji Chi Square didapatkan nilai p=0,001 (p<0.05). Kesimpulan : Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat personal hygiene siswa Sekolah Dasar Negeri 06 Pemodis Kecamatan Beduai Kabupaten Sanggau. Orang tua diharapkan dapat menerapkan pola asuh yang sesuai dengan tingkat perkembangan usia anak.

 

Kata Kunci : Pola asuh orang tua, personal hygiene, anak usia sekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.