PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SADARI DI SMP ISLAM HARUNIYAH KOTA PONTIANAK TAHUN 2016

Rabiathul Irfaniah .

Abstract


Latar Belakang : Salah satu penyebab utama kematian yang diakibatkan oleh kanker pada wanita adalah kanker payudara.  Pemeriksaan dini yang biasa dilakukan untuk deteksi dini kanker payudara adalah dengan memeriksa payudara sendiri (SADARI). Tingkat pendidikan SMP merupakan pendidikan dasar dimana SADARI belum masuk dalam kurikulum pembelajaran di sekolah sehingga informasi tentang prosedur SADARI belum didapatkan oleh remaja wanita di tingkat SMP.

Tujuan : Mengidentifikasi pengaruh penyuluhan kesehatan tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) terhadap tingkat pengetahuan SADARI di SMP Islam Haruniyah Kota Pontianak Tahun 2016.

Metodologi Penelitian : Desain penelitian quasi experiment dengan metode pre-test and post-test without control. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan jumlah populasi sebanyak 92 siswi. Pengambilan data tingkat pengetahuan siswi menggunakan kuesioner. Dilakukan pretest terhadap sampel untuk menentukan tingkat pengetahuan sebelum dilakukan penyuluhan kesehatan. Sehari setelah pretest, dilakukan penyuluhan tentang SADARI kepada sampel. Satu bulan setelahnya, dilakukan posttest untuk melihat tingkat pengetahuan setelah dilakukan SADARI. Data dihitung menggunakan Uji Wilcoxon untuk mengetahui adanya pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap sampel.

Hasil : Tingkat pengetahuan sebelum dilakukan penyuluhan kesehatan dengan kategori baik hanya sebesar 3.66%, sedangkan setelah dilakukan penyuluhan kesehatan dengan kategori baik meningkat menjadi 56.10%. Hasil yang didapatkan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai Z hitung -7.686, dengan nilai p=0.000 (p<0.05) yang menunjukkan bahwa terdapat perubahan tingkat pengetahuan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan tentang SADARI.

Kesimpulan : Penyuluhan kesehatan berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang SADARI di SMP Islam Haruniyah. 

Kata Kunci    : penyuluhan kesehatan, SADARI, tingkat pengetahuan

Referensi        : 28 (2002-2015)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.