FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI PERAWAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN SARJANA KEPERAWATAN DI RSUD SULTAN SYARIF MOHAMAD ALKADRIE PONTIANAK

Ery Sandi .

Abstract


Latar Belakang : Pelayanan keperawatan yang berkualitas diperlukan perawat yang profesional. Hal ini didapat melalui pelatihan dan pendidikan. Untuk melanjutkan pendidikan dipengaruhi oleh motivasi. Banyak faktor yang memengaruhi motivasi seseorang seperti usia, status kepegawaian, beban kerja, lama kerja, dan pengembangan karir.

Tujuan : Untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi perawat melanjutkan pendidikan sarjana keperawatan di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak.

Metode : Desain yang digunakan adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah 60 responden. Pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis bivariat dilakukan dengan uji Chi Square dengan nilai p < 0,05.

Hasil : Responden berusia 24-35 tahun (60%), berstatus honorer (71,7%), pengembangan karir tinggi (53,35%), memiliki beban kerja yang tinggi (58,3%), dan lama rerata kerja 3,86 tahun, serta tingkat motivasi tinggi sebanyak 33 responden (55%). Hasil uji Chi Square pada variabel usia (p=0,545), status kepegawaian (p=0,342), lama kerja (p=0,527) dan beban kerja (p=0,693), sedangkan pada variabel pengembangan karir dengan motivasi perawat melanjutkan pendidikan sarjana keperawatan menunjukkan nilai p = 0,000 (p < 0,05).

Kesimpulan :. Ada hubungan antara pengembangan karir dengan motivasi perawat melanjutkan pendidikan sarjana keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak. 

 

 

Kata Kunci : Faktor-faktor motivasi, perawat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.