PENGARUH DZIKIR TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA USIA PERTENGAHAN DI WILAYAH KERJA UPK PUSKESMAS KAMPUNG DALAM KECAMATAN PONTIANAK TIMUR

Reza Finaldiansyah .

Abstract


Latar Belakang : Hipertensi merupakan silent killer yang menyebakan 9,4% kematian di dunia, di Kalimantan Barat, khususnya Kota Pontianak terdapat 33,1% kejadian hipertensi. Penanganan hipertensi dapat dilakukan dengan nonfarmakologi diantaranya relaksasi seperti  dzikir. Kalimat atau kata yang berirama dapat menimbulkan tubuh menjadi rileks.

Tujuan : Mengetahui Pengaruh dzikir terhadap penurunan darah pada usia pertengahan di wilayah kerja UPK Puskesmas Kampung Dalam Kecamatan Pontianak Timur.

Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan quasy eksperimen dengan pre test and post test nonequivalent control group. Metode pengambilan sampel yang digunakan puposive sampling. Sampel berjumlah 36 rsponden. Analisa menggunakan uji t t berpasangan pada kelompok intervensi, uji wilcoxon dan uji t berpasangan pada kelompok kontrol, mengetahui pengaruh dan membandingkan nilai tekanan darah sesudah intervensi antara 2 kelompok menggunakan uji mannwhitney dan uji t tidak berpasangan.

Hasil : Analisa bivariat tekanan darah sebelum dan sesudah pada kelompok intervensi, didapatkan nilai p < 0,001 pada sistolik dan diastolik. Tekanan darah darah sebelum dan sesudah pada kelompok kontrol, didapatkan nilai p = 0,130 pada sistolik, sedangkan nilai p < 0,001 pada diastolik. Perbedaan tekanan darah sesudah pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol, sistolik didapatkan nilai p = 0,862 dan diastolik p = 0,286.

Kesimpulan : Terdapat pengaruh pemberian terapi dzikir terhadap penurunan tekanan tekanan darah pada usia pertengahan diwilayah kerja UPK Puskesmas Kampung Dalam Kecamatan Pontianak Timur, dan tidak ada perbedaan tekanan darah sesudah pada kelompok intervensi dan kontrol.

Rekomendasi : Terapi dzikir agar dapat dijadikan terapi nonfarmakologis pendamping terapi farmakologi dalam mengontrol tekanan darah pada pasien hipertensi.

 

Kata Kunci : Dzikir, tekanan darah, usia pertengahan.

Referensi : 51 (2005 – 2015)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.