PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN BINAHONG (Anredera Cordifolia (Ten.) Steenis) + NaCl TERHADAP KECEPATAN PENYEMBUHAN LUKA BAKAR PADA TIKUS GALUR WISTAR

Rista Yuli Alitya .

Abstract


Latar Belakang: Luka bakar merupakan salah satu dari luka yang mengakibatkan angka kejadian dan kematian yang tinggi. Oleh sebab itu perlu pengamatan luka bakar secara komperatif, salah satunya adalah dengan perawatan luka bakar. Masyarakat dibeberapa daerah menggunakan daun binahong sebagai obat tradisional untuk menangani kasus luka bakar.

Tujuan: untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) + NaCl terhadap kecepatan penyembuhan luka bakar.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan post test only control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 32 ekor tikus, 16 ekor pada kelompok intervensi, dan 16 ekor pada kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Mei 2016 dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji mann-whitney.

Hasil: Kelompok intervensi memiliki rata-rata lama waktu penyembuhan luka bakar adalah 5,25 hari. Sedangkan kelompok kontrol memiliki rata-rata lama waktu penyembuhan luka bakar 7,88 hari. Hasil analisis uji Mann-Whitney menunjukkan nilai p=0,000< 0,05

Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian ekstrak daun binahong+NaCl terhadap kecepatan penyembuhan luka bakar pada tikus galur Wistar.

Kata kunci : Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis), NaCl, Luka bakar, Penyembuhan Luka

Referensi     :  47 (2000-2015)

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.