PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI DI SMP NEGERI 14 PONTIANAK

Utari Panggabean .

Abstract


LatarBelakang:Remaja mengalami perubahan pada sistem reproduksi yaitu terjadinya menstruasi. Banyak faktor yang mempengaruhi status kesehatan pada saat menstruasi, salah satunya adalah faktor pengetahuan yang kurang tepat dalam melakukan personal hygiene. Banyak dampak yang ditimbulkan akibat dari personal hygiene yang tidak tepat saa tmenstruasi seperti terjadinya keputihan, iritasi, dan Infeksi Saluran Kemih (ISK). Oleh karena itu, diperlukan pendidikan kesehatan tentang personal hygiene saat  menstruasi untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran remaja agar setiap remaja dapat terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan organ reproduksi.

Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan remaja putri tentang personal hygiene saat menstruasi di SMP Negeri 14 Pontianak.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian quasy experiment dengan rancangan pre and post test without control. Tehnik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling dengan jumlah sampel 38 orang.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan perhitungan nilai p-value sebesar 0,000 <0,05 artinya ada peningkatan pengetahuan yang signifikan antara pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang personal hygiene saat menstruasi, sehingga teori Ha diterima.

Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan remaja putrid tentang personal hygiene saat menstruasi di SMP Negeri 14 Pontianak.

 

Kata Kunci: Menstruasi, Personal Hygiene, Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan

Referensi: 43 (2001-2014)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.