PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG KANKER SERVIKS TERHADAP KEIKUTSERTAAN PEMERIKSAAN IVA (INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT) PADA WUS (WANITA USIA SUBUR) DI PUSKESMAS KARYA MULIA KOTA PONTIANAK

Finaninda .

Abstract


Latar belakang: Kanker serviks merupakan kejadian kanker tertinggi di Kota Pontianak yang terjadi pada WUS. Kurangnya pengetahuan WUS tentang kanker serviks dan pemeriksaan IVA menyebabkan rendahnya keikutsertaan pemeriksaan IVA. Upaya pencegahan primer untuk mencegah kanker serviks di masyarakat adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan tentang kanker serviks. Puskesmas Karya Mulia merupakan puskesmas dengan jumlah WUS kedua terendah yang melakukan pemeriksaan IVA, yaitu sebesar 0,3%.

Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang kanker serviks terhadap keikutsertaan pemeriksaan IVA pada WUS di Puskesmas Karya Mulia Kota Pontianak.

Metode: Penelitian merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest posttest non equivalent control grup, dengan sampel 100 orang dibagi menjadi 2 kelompok. Teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Data di analisis menggunakan uji McNemar dan Chi Square.

Hasil: Pada uji McNemar, pengetahuan pada kelompok intervensi memiliki p value 0,027 sedangkan pada kelompok kontrol 0,500. Pada uji McNemar, keikutsertaan pemeriksaan IVA pada kelompok intervensi memiliki p value 0,004 sedangkan pada kelompok kontrol 0,250. Uji Chi Square untuk perbandingan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol memiliki p value 0,021.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang kanker serviks terhadap pengetahuan dan keikutsertaan pemeriksaan IVA pada WUS. Terdapat perbedaan keikutsertaan pemeriksaan IVA antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang kanker serviks pada WUS.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.