HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG DISMENORE DENGAN PERILAKU PENANGANAN DISMENORE PADA REMAJA PUTRI SMP NEGERI 14 PONTIANAK

Kalista .

Abstract


Latar Belakang: Dismenore mengakibatkan menurunnya kinerja dan berkurangnya aktifitas sehari-hari. Hal ini berdampak pada seringnya remaja putri SMP Negeri 14 tidak masuk sekolah ataupun tidak dapat mengikuti kegiatan sekolah dengan baik pada saat dismenore. Perilaku penanganan dismenore menurut terjadinya dismenore diperkirakan dengan pengetahuan tentang dismenore yang baik akan mempengaruhi perilaku penanganan dismenore. Penanganan yang dilakukan remaja putri SMP Negeri 14 dalam mengatasi dismenore yaitu istirahat, mengolesi bagian yang nyeri dengan lotion penghangat, dan mengkonsumsi obat analgesik. Pentingnya dilakukan penelitian ini agar remaja putri dapat mengetahui penanganan dismenore terkait pengetahuan.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang dismenore dengan perilaku penanganan dismenore pada Remaja Putri SMP Negeri 14 Pontianak.

Metode: Desain penelitian kuantitatif dengan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional pada sampel sebanyak 90 responden menggunakan probability sampling dengan simple random sampling pada remaja putri SMP Negeri 14 Pontianak. Analisa menggunakan uji chi-square dengan nilai p=>0,05. Teknik pengambilan data dengan menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan tentang dismenore dan perilaku penanganan dismenore.

Hasil: Hasil tingkat pengetahuan terbanyak adalah responden yang memilki kategori kurang (43,3%) dan perilaku penanganan terbanyak adalah responden yang berperilaku baik (67,8%). Uji statistik dengan uji chisquare didapatkan bahwa nilai p=0,309.

Kesimpulan: Tidak ada hubungan tingkat pengetahuan tentang dismenore dengan perilaku penanganan dismenore pada remaja putri SMP Negeri 14 Pontianak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.