PENGARUH AROMA TERAPI JASMINE TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI PADA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI DISMENORE DI SMAN 2 PONTIANAK TAHUN 2015

Dewi Purnama Sari .

Abstract


Latar Belakang : Dismenore adalah suatu keadaan yang mengganggu kenyamanan pada remaja putri yang disebabkan oleh nyeri pada perut saat menstruasi. Remaja putri yang mengalami dismenore dapat mengganggu aktivitas dan konsentrasi belajar sehingga membutuhkan pengobatan untuk mengatasi nyeri menstruasi, salah satu cara pengobatan non-farmakologi yang dapat dilakukan untuk menurunkan nyeri menstruasi adalah dengan aroma terapi jasmine. Aroma terapi jasmine merupakan salah satu terapi dengan aroma harum dimana aroma jasmine ini mengandung anti depresif yang bermanfaat untuk menurunkan nyeri menstruasi.

Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh aroma terapi jasmine terhadap penurunan skala nyeri pada remaja putri yang mengalami dismenore di SMAN 2 Pontianak.

Metodologi Penelitian : Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperiment dengan one group pretest posttest design. Penelitian dilakukan kepada 16 remaja putri yang mengalami dismenore di SMAN 2 Pontianak dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisa menggunakan uji T berpasangan, dengan nilai p=0,000.

Hasil : Hasil sebelum dilakukan aroma terapi jasmine didapatkan nyeri sedang 62,5% dan nyeri berat 37,5%. Setelah dilakukan aroma terapi jasmine didapatkan tidak nyeri 31,2%, nyeri ringan 56,2% dan nyeri sedang 12,5%. Pada uji t-tes paired didapatkan hasil bahwa nilai p=0,000, dimana p<0,05.

Kesimpulan : Ada pengaruh aroma terapi jasmine terhadap penurunan skala nyeri menstruasi pada remaja putri di SMAN 2 Pontianak tahun 2015. Implikasinya bahwa aroma terapi jasmine dapat menjadi salah satu terapi non-farmakologi untuk menurunkan nyeri menstruasi.

Kata kunci : Dismenore, Aroma Terapi Jasmine, Remaja Putri


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.