PENGARUH KOMPRES HANGAT TERHADAP INTENSITAS NYERI HAID PRIMER PADA SISWI KELAS X DI SMK NEGERI 01 NANGA TAMAN KECAMATAN NANGA TAMAN KABUPATEN SEKADAU

Ratmawati .

Abstract


Latarbelakang : Nyeri haid adalah rasa nyeri dan tegang pada perut yang terjadi pada saat menstruasi yang dapat mengganggu aktivitas. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada siswi kelas X di SMK Negeri 01 Nanga Taman, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, dari 30 siswi didapatkan 26 siswi mengalami nyeri haid setiap bulan, 2 siswi penangananya mengunakan obat pereda nyeri, 24 siswi melakukan penanganan hanya dengan beristirahat. Hasil wawancara singkat ada 3 siswi tidak mampu mengikuti pelajaran dikelas dan izin beristirahat di unit kesehatan sekolah (UKS) selama 1-2 jam, 8 siswi mampu mengikuti pelajaran namun mereka tidak dapat berkonsentrasi dengan baik karena harus menahan rasa nyeri. Kompres hangat merupakan cara yang mudah, aman, untuk meredakan nyeri haid dan dapat dilakukan dimana saja hanya dengan bermodalkan botol dan air hangat.

Tujuan: Untuk mengidentifikasi pengaruh kompres hangat terhadap nyeri haid sebelum dan sesudah dilakukan kompres hangat.

Metode :Penelitian ini merupakan penelitian quasi  eksperimen. Responden adalah siswi kelas X SMK Negeri 01 Nanga Taman Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau yang berjumlah 24 orang, diambil dengan cara total sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Intrumen yang   digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi sebelum dan setelah kompres hangat.

Hasil : Uji hipotesis data kelompok intervensi menggunakan uji t berpasangan menunjukkan nilai p-value = 0,000 (p<0,05).

Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian didapatkan ada pengaruh kompres hangat terhadap intensitas nyeri haid primer pada siswi kelas X di SMK Negeri 01 Nanga Taman Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau.

 

Kata Kunci           : Nyeri haid, kompres hangat

Referensi               : 45 (1996-2015)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.