HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP TINGKAT STRES MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

Septri Sari .

Abstract


Latar belakang : Penyusunan skripsi adalah sesuatu yang menakutkan bagi mahasiswa, karena menyita waktu, energi, dan uang. Akibat dari pengerjaan skripsi, banyak mahasiswa merasa terbebani dan akhirnya mengalami stres. Salah satu upaya untuk mengendalikan stres adalah dengan dukungan keluarga. Apabila ada dukungan, motivasi untuk menghadapi masalah yang terjadi akan meningkat, sehingga akan memengaruhi tingkat stres yang dirasakan.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat stres pada mahasiswa dalam penyusunan skripsi di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak.

Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi penelitian analitik korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling menggunakan metode stratified random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 64 responden. Instrument pengumpulan data dengan lembar kuisoner Depression Anxiety Stress Scale (DASS) dan kuisioner Perceived Social Support Scale from Family (PSSS-Fa). Sedangkan uji statistik yang digunakan adalah uji Spearman.

Hasil : Pada analisa data menggunakan uji Spearman, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan dukungan keluarga dengan tingkat stres pada mahasiswa dalam penyusunan skripsi di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak (p=0,021 < 0,05). Nilai korelasi Spearman sebesar -0,288 menunjukkan bahwa arah korelasi negatif dengan kekuatan korelasi lemah, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat dukungan keluarga, maka semakin rendah nilai tingkat stres pada mahasiswa dalam penyusunan skripsi di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak.

Saran : Dukungan keluarga diperlukan dalam proses akademik mahasiswa untuk mengurangi stres yang dirasakan agar dapat menyelesaikan tahapan akademik, sehingga direkomendasikan pada asuhan keperawatan keluarga untuk memberi dukungan keluarga pada mahasiswa selama penyusunan skripsi.

 

Kata Kunci : Stres, Dukungan Keluarga, Mahasiswa, Skripsi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.