GAMBARAN KEBIASAAN KONSUMSI KOPI DAN TEKANAN DARAH DI JALAN GAJAH MADA KOTA PONTIANAK

Muhamad Untung Saputra .

Abstract


Latar belakang : Mayoritas masyarakat Pontianak memiliki kebiasaan konsumsi kopi yang berkorelasi dengan banyaknya warung kopi yang ada dikota Pontianak. Walikota Pontianak mencanangkan untuk menjadikan jalan Gajahmada menjadi Coffee Street. Beberapa hasil penelitian sebelumnya memiliki perbedaan hasil tentang kebiasaan konsumsi kopi dengan peningkatan tekanan darah, sehingga hal ini perlu diteliti lagi untuk mengetahui gambaran kebiasaan konsumsi kopi ini terhadap tekanan darah warga dikota Pontianak.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kebiasaan konsumsi kopi dan tekanan darah, sehingga bisa dijadikan ukuran dalam mengkonsumsi kopi khususnya bagi kesehatan tekanan darah.

Metode : Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan desain penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang mengkonsumsi kopi di 10 cafe di jalan Gajahmada kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini yaitu 150 orang yang dipilih secara accidental sampling dan Quota Sampling.

Hasil : Rata-rata responden mengkonsumsi kopi 3 cangkir/hari, dengan rata-rata lamanya konsumsi 5-7 tahun. Responden dengan tekanan darah rendah yaitu 3 orang (2%), responden dengan tekanan darah normal yaitu 138 orang (92%), dan responden dengan tekanan darah tinggi yaitu 9 orang (6%). Selanjutnya nilai rata-rata tekanan darah responden adalah 127/77 mmHg.

Kesimpulan : Setiap orang memiliki kepekaan terhadap kopi (kafein) dengan dosis yang berbeda-beda. Sehingga, dapat memiliki hasil yang berbeda-beda pula terhadap nilai tekanan darahnya. Seseorang masih dapat menambahkan sekitar 50-100 mg kafein lagi (±1 cangkir kopi) dalam kebiasaan konsumsi kopinya tersebut. Namun, tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi dengan dosis kafein lebih dari 500-600 mg dan tidak disarankan untuk anak usia dibawah 19 tahun.

 

Kata Kunci : Tekanan darah, kebiasaan konsumsi kopi, kafein

Referensi : 34 (2006-2014)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.