PENGARUH TERAPI RELAKSASI NAPAS DALAM TERHADAP TINGKAT DISMENORE PADA KARYAWATI BIMBINGAN BELAJAR QUANTUM KIDS PONTIANAK 2016

Dwi Nanda Yani .

Abstract


Latar Belakang: Teknik relaksasi napas dalam merupakan intervensi keperawatan secara mandiri untuk menurunkan intensitas nyeri, meningkatkan ventilasi paru dan meningkatkan oksigenasi darah. Relaksasi otot skeletal dipercaya dapat menurunkan nyeri dengan merileksikan tegangan otot yang menunjang nyeri, terapi relaksasi napas dalam digunakan untuk mengatasi masalah dismenore.

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi relaksasi napas dalam terhadap penurunan tingkat dismenore pada karyawati Quantum Kids Pontianak.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan pendekatan the one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Jumlah responden 20 orang. Uji statistik yang digunakan paired-sample t test.

Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan ada pengaruh terapi relaksasi napas dalam terhadap penurunan tingkat dismenore (p = 0,000).

Simpulan: Simpulan penelitian ini, ada pengaruh terapi relaksasi napas dalam terhadap penurunan tingkat dismenore pada karyawati bimbingan belajar quantum kids pontianak.

 

Kata Kunci: Terapi relaksasi napas dalam, dismenore.

Referensi: 46 (2000-2013)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.