FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI SUNTIK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI BAKAU KECIL KECAMATAN MEMPAWAH TIMUR KABUPATEN MEMPAWAH

Taufik Kurniawan .

Abstract


Latar Belakang: Salah satu upaya pemerintah dalam pengendalian laju pertumbuhan penduduk yaitu dengan program keluarga berencana. Alat kontrasepsi yang paling sering dipilih adalah alat kontrasepsi suntik. Pemilihan alat kontrasepsi suntik hanya direkomendasikan untuk ibu yang berusia 20-35 tahun, namun jumlah pemilih alat kontrasepsi suntik masih tinggi serta tidak sesuai dengan umur yang direkomendasikan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan alat kontrasepsi suntik di wilayah kerja puskesmas Sungai Bakau Kecil Kecamatan Mempawah Timur Kabupaten Mempawah.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain analitik observasional dan pendekatan cross sectional. Sampel diambil menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah sebanyak 65 responden.

Hasil: Hasilnya menunjukkan 26,2% akseptor tidak memilih alat kontrasepsi suntik dan 73,8% akseptor memilih alat kontrasepsi suntik. Analisis bivariat menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi pemilihan alat kontrasepsi suntik adalah umur (p< 0,05), pengetahuan (p< 0,05), dan sosial budaya (p< 0,05). Sedangkan pendidikan tidak memengaruhi pemilihan alat kontrasepsi suntik (p> 0,05).

Kesimpulan: Faktor yang memengaruhi pemilihan alat kontrasepsi suntik di wilayah kerja puskesmas Sungai Bakau Kecil Kecamatan Mempawah Timur Kabupaten Mempawah adalah umur, pengetahuan dan sosial budaya sedangkan pendidikan tidak berpengaruh. Petugas pelayanan KB disarankan untuk memberikan informasi dengan lebih lengkap dan jelas agar pemilihan alat kontrasepsi bisa sesuai dengan yang direkomendasikan.

 

Kata kunci      : Keluarga Berencana,Faktor yang Memengaruhi pemilihan, Alat Kontrasepsi Suntik

Referensi         : 41 (2003-2016)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.