EFEKTIFITAS METODE PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN SIMULASI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PERUBAHAN SIKAP TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 03 SINGKAWANG TENGAH

Pradhethi Sara .

Abstract


Latar belakang : Masa usia sekolah adalah masa dimana terjadi pergantian gigi susu menjadi gigi permanen. Kurangnya pemahaman tentang perawatan gigi dan mulut akan beresiko terjadinya masalah kesehatan gigi dan mulut, sehingga perlu dilakukan pendidikan kesehatan sebagai upaya pencegahan dengan menanamkan perilaku baik sejak dini. Satu diantara metode pendidikan yang dapat digunakan adalah metode pendidikan kesehatan dengan simulasi permainan ular tangga.

Tujuan : Mengetahui efektivitas metode pendidikan kesehatan dengan simulasi permainan ular tangga terhadap perubahan sikap tentang kesehatan gigi dan mulut anak usia sekolah di SDN 03 Singkawang Tengah.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan true experiment design dengan rancangan pretest-postest with control group, subjek 48 orang dibagi menjadi 2 kelompok. Metode pemilihan sampel menggunakan random sampling. Instrument penelitian menggunakan lembar kuesioner. Data di analisis menggunakan uji wilcoxon dan uji mann-whitney.

Hasil : Pada uji Wilcoxon skor pengetahuan pada kelompok perlakuan menunjukkan nilai p value 0,000 dan kelompok kontrol nilai p value 0,002. Skor sikap pada kelompok perlakuan nilai p value 0,000 dan pada kelompok kontrol nilai p value 0,001. Perbedaan mean kedua kelompok di uji dengan Uji Mann-Whitney dengan nilai skor pengetahuan dan sikap pada kelompok perlakuan dan kontrol dengan nilai p value > 0.05.

Kesimpulan : Terdapat perbedaan skor pengetahuan dan sikap antara kelompok perlakuan yang diberikan pendidikan kesehatan melalui permainan ular tangga dan kelompok kontrol, sehingga metode pendidikan kesehatan dengan permainan ular tangga dapat direkomendasikan sebagai metode alternatif baru yang menarik sebagai metode penyuluhan kesehatan dalam praktik keperawatan berbasis komunitas.

 

 

Kata kunci            : Permainan ular tangga, Perubahan sikap, Kesehatan gigi dan

Mulut


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.