PENGARUH SENAM YOGA TERHADAP TINGKAT ANSIETAS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA SMP NEGERI 3 SUNGAI KUNYIT

Cornelita Dumaria Sihombing .

Abstract


Latar Belakang: Ansietas merupakan respons individu untuk mengantisipasi stressor dengan perasaan khawatir, afek negatif dan gejala-gejala ketegangan fisik. Ujian Nasional merupakan stressor yang dihadapi oleh siswa sehingga mengakibatkan ansietas. Salah satu intervensi untuk mengurangi ansietas yaitu dengan Senam Yoga. Senam Yoga termasuk teknik relaksasi dengan menyatukan teknik pernapasan dan gerak anggota tubuh untuk mengurangi ansietas.

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Senam Yoga terhadap tingkat ansietas menghadapi Ujian Nasional pada Siswa SMP Negeri 3 Sungai Kunyit.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian True Experiment dengan rancangan pretest-postest with control group. Jumlah responden 38 orang dipilih dengan menggunakan purposive sampling dan dibagi menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol, pengelompokkan dilakukan melalui randomisasi dengan cara kocok undi. Kelompok intervensi diberikan Senam Yoga berdurasi 30 menit dalam 4 kali pertemuan selama 4 hari berturut-turut dan kelompok kontrol tidak diberikan Senam Yoga. Tingkat ansietas diukur dengan kuesioner Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRS-A).

Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada pengaruh Senam Yoga terhadap penurunan tingkat ansietas pada siswa dengan nilai p value < 0,05.

Kesimpulan: Ada pengaruh Senam Yoga terhadap tingkat ansietas menghadapi Ujian Nasional pada Siswa SMP Negeri 3 Sungai Kunyit, sehingga pihak sekolah dapat menjadikan Senam Yoga sebagai agenda yang dapat terus diterapkan untuk mengurangi ansietas siswa menghadapi Ujian Nasional.

 

Kata Kunci: Ansietas, Ujian Nasional, Senam Yoga

Referensi: 45 (2003-2015)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.