PENGARUH TERAPI SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) FASE SET-UP DAN FASE TUNE-IN TERHADAP KADAR GULA DARAH SEWAKTU PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS DI KLINIK KITAMURA PONTIANAK

Anisa Pebriani .

Abstract


Latar Belakang: Stres merupakan salah satu penyebab naiknya kadar gula darah. Terapi SEFT termasuk teknik relaksasi, yang merupakan salah satu bentuk mind-body therapy dari terapi komplementer dan alternatif dalam keperawatan. Terapi SEFT dapat digunakan dalam membantu individu bebas dari tekanan emosional (stres). Terapi SEFT ini menggabungkan spiritual (melalui doa keikhlasan dan kepasrahan) dan energy psychology untuk mengatasi masalah hiperglikemia dengan menekan pengeluaran hormon-hormon peningkat gula darah.

 

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi SEFT terhadap penurunan kadar gula darah sewaktu pada penderita diabetes mellitus.

 

Metode: Desain yang digunakan adalah desain kuasi eksperimen dengan pendekatan the one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini menggunakan consecutive sampling. Jumlah responden 20 orang. Uji statistik yang digunakan paired-sample t test.

Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan ada pengaruh terapi SEFT terhadap penurunan kadar gula darah (p<0,05).

Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini, ada pengaruh terapi SEFT Fase Set-Up dan Fase Tune-In terhadap penurunan kadar gula darah sewaktu pada penderita diabetes mellitus. Sehingga terapi SEFT ini dapat diaplikasikan sebagai intervensi mandiri keperawatan dalam menangani masalah diabetes mellitus dengan menurunkan tingkat stres.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.